My Style

Blog ini membahas seputar gaya hidup wanita masa kini, dan beberapa artikel artikel pembelajaran

Pertemuan IV ORAGANISASI FILE PILE




           
            Organisasi file adalah suatu teknik atau metode yang digunakan untuk menyatakan dan menyimpan record-record dalam sebuah file.
File pile atau disebut dengan file tumpukan merupakan salah satu struktur dasar dari struktur file.
Record-record pada pile dikumpulkan berdasarkan kedatangannya.
Panjang record dalam suatu pile tidak harus tetap dan tidak diperlukan atribut-atribut yang sama untuk setiap record.




Maka dalam pile record-record akan disimpan sebagai berikut:





Penggunaan Pile

  Ø  File pile merupakan struktur dasar dan tak terstruktur.
  Ø  Struktur ini memberikan fleksibilitas penuh.
ØStruktur ini menggunakan ruang penyimpanan dengan baik saat data berukuran dan berstruktur beragam.
  Ø  Struktur ini tidak bagus untuk pencarian record tertentu.

Penggunaan file pile
      ·         File-file sistem
      ·         File log (mencatat kegiatan)
      ·         File-pile penelitian/medis
      ·         File teks


Kinerja Pile 

  v Ukuran Record
Kepadatan pile dipengaruhi dau faktor, yaitu:
       1.    Perlu penyimpanan nama-nama atribut dan nilainya.
       2.    Data yang tidak ada tidak perlu dipertimbangkan sama sekali.
Record Size (R) adalah : 
R=a'(A+V+2)


dimana :
a' = rata-rata jumlah atribut
A = ukuran rata-rata atribut (field)
V = ukuran rata-rata nilai
2 = nilai separator / konstanta untuk pemisah antar field dan antar record

  v Waktu Pengambilan Record Tertentu (Tf)
-Waktu untuk menemukan lokasi record pada pile adalah lama, karena semua record harus  ditelusuri sampai menemukan lokasi satu item data.
-Pencarian data harus dilakukan secara serial dimana setiap blok dibaca satu persatu sampai record yang dicari ditemukan.

Fetch Record (Tf) adalah : 
Tf = 1/2n (R/t')

Dimana :
n = jumlah record
R = ukuran record
t' = bulk transfer time 
Catatan :
Bulk Transfer Time digunakan karena membaca file secara sekuen dari titik awal, melewati gap-gap dan batas-batas silinder sampai menemukan blok berisi record yang diinginkan.

  v  Waktu Pengambilan Record Berikutnya (Tn)
- Karena tidak ada pengurutan record pada pile, maka record penerus (sucessor record) berdasarkan kriteria tertentu dapat berada di sembarang lokasi.
- Karena posisinya tidak diketahui, menemuka record penerus sama dengan record tertentu.    Next Record (Tn) adalah :
                     Tn = Tf

  v  Waktu Penyisipan Record (Ti)
-Penyisipan record dilakukan di akhir file.
Mekanisme Penyisipan record adalah :
     1.    Cari akhir file (EOF = End-Of-File), diperlukan waktu sebesar seek time (s)
     2.    Cari sektor yang tepat, diperlukan waktu sebesar rotational latency (r).
     3.    Lakukan transfer data, diperlukan waktu sebesar btt.
     4.    Read/Write blok data, diperlukan waktu sebesar Trw.
Insert Record adalah :
Ti = s + r + btt + Trw

   v  Waktu Pembaruan Record (Tu)
      1.    Mencari posisi record yang diperbarui.
      2.    Memeriksa apakah ukuran tempat record masih memenuhi syarat yaitu:
      - Bila ukuran record baru < record lama, maka dilakukan penimpaan record (dilakukan penghapusan dan dituliskan di tempat itu).
      - Bila ukuran record baru = record lama, maka dilakukan penimpaan record (dilakukan penghapusan dan dituliskan di tempat itu).
      - Bila ukuran record baru > record lama, maka dilakukan penghapusan dan penyisipan record baru di akhir file.

Terdapat dua kasus, yaitu :
     1.    Hanya dilakukan penimpaan, tanpa penyisipan di akhir file.
     2.    Dilakukan penandaan hapus dan penyisipan di akhir file.

   o   Hanya dilakukan penimpaan, tanpa penyisipan di akhir file
                             Perhitungan : Tu = Tf + Trw

   o   Dilakukan penandaan hapus dan penyisipan di akhir file
                        Perhitungan :  Tu = Tf + Trw + Ti

   o   Waktu Pembacaan Seluruh Record (Tx)
          Mekanisme pembacaan seluruh record pada file pile dilakukan secara sekuensial yaitu : dibaca secara terurut dari record awal sampai record yang terakhir.
Tx = 2 Tf = n (R/t')

   o   Waktu Reorganisasi File (Ty)
          1.    Jika pembaruan (update) pile dilakukan dengan penandaan, maka perlu penghilangan record-record tak valid secara periodik sehingga file menjadi ringkas dan mempercepat operasi akses / pengambilan.
          2.    Reorganisasi dilakukan dengan pengkopian file dengan mengecualikan record-record yang ditandai sebagai dihapus dan memblocking kembali record-record.
                                           Ty = (n + o - d) (R/t')
o = n Insert
d = n delete

Contoh Soal
Diketahui
Parameter Harddisk
      (a)    Putaran disk (RPM) adalah 6000 rpm
      (b)   Seek time (s) 5 ms
      (c)    Transfer rate (t) sebesar 2 KByte/ms atau 2048 byte/ms
      (d)   Operasi pembacaan dan penulisan (Trw) sebesar 2 ms

Parameter Penyimpanan
      (a)    Variable Length Spanned Blocking
      (b)   Ukuran blok (B) = 4096 byte
      (c)    Ukuran Pointer Blok (P) = 8 byte
      (d)   Ukuran interblock gap (G) = 512 byte

Parameter file
      (a)    Jumlah record (n) adalah 10.600 record
      (b)   Jumlah field (a') rata-rata adalah 15
      (c)    Panjang nama rata-rata (A) adalah 12 byte
      (d)   Panjang nilai rata-rata (V) adalah 128 byte

Parameter reorganisasi
      (a)    Jumlah penambahan rekord (o) adalah 1.200 rekord
      (b)   Jumlah rekord ditandai sebagai dihapus (d) adalah 600 rekord

Parameter pemrosesan
     (a)    Waktu untuk pemrosesan blok (c) = 2ms

Dicari R, Tf, Tn, Tu, Tx, Ty

Pembahasan
- R = a' (A+V+2)
      = 15 (12+128+2)
      = 15.142 = 2130

- Tf = 1/2 n (R/t')

   t' = (t/2) (R/(R+W))

   w = P+(P+G)/Bfr

   Bfr = (B-P) / (R+P)
         = (4096-8)/(2130+8)
         = 4088/2138
         = 1,91

   W  = P + (P+G) / Bfr
         = 8+ (8+512) / 1,91
         = 8 + 520 / 1,91
         = 280,25

   t' = (t/2) (R/(R+W))
      = (2048/2) (2130/(2130+280,25)
      = 1024(2130/20,25)
      = 1024. 0,88
      = 901,12

 Tf = 1/2 n (R/t')
      = 1/2 10600 (2130/901,12)
      =5300. 2,36
      = 12508

- Tn = Tf
        = 12508

- Ti = s + r + btt + Trw
     r = 1/2 (60.1000)/RPM
       = 1/2 (60000/6000)
       = 5

   btt = B/t
        = 4096/2048
        = 2

   Ti = s + r + btt + Trw
        = 5 + 5 + 2+ 2
        = 14

- Tu = Tf + Trw
        = 12508 + 2
        = 12510

- Tu = Tf + Trw + Ti
       = 12508 + 2 + 14
       = 12524

- Tx = 2.Tf
        = 2. 12508
        = 25016

- Ty = ((n+o)(R/t')) + (n+o-d)(R/t'))
        = ((10600+200)(2130/901,12) + (10600 + 1200-600) (2130/901,12)
        = (11800)(2,36)+(11200)(2,36)
        = 27,84 + 26,43

        = 54,27
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Pertemuan IV ORAGANISASI FILE PILE"

Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada MARET 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 3-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan mengenai situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.