My Style

Blog ini membahas seputar gaya hidup wanita masa kini, dan beberapa artikel artikel pembelajaran

PARAMETER PENYIMPANAN SEKUNDER

"Pertemuan 3"
Waktu Akses Acak
Waktu tunda akses acak ditentukan oleh dua parameter yaitu :
v Seek time adalah waktu pergerakan head untuk mencapai track untuk silinderlokasi data. 
Rumus:
S = Sc + Î´i
Keterangan :
S    = Seek time
Sc  = waktu penyalaan awal 
δi   = jarak yang dilalui
Contoh soal:
v Rotational Latency adalah waktu untuk mencapai blok record yang diinginkan. 
Rumus :
r = ½ * ((60 * 1000)/RPM)

RPM = jumlah putaran permenit
Contoh Soal:
Suatu hardisk berkecepatan putar 3000 RPM
     Berapa rotational latency pada hardisk tersebut?
     Jawab : r = ½ * ((60 * 1000) / (3000)
= ½ *((60.000) / (3000)
= ½ * 20
= 10 milisecon

Transfer Rate (Tingkat)
      Metode Blocking adalah metode penempatan-penempatan record pada block fisik penyimpanan sekunder. BFR atau blocking factor yaitu angka yang menunjukan jumlah record yang diharapkan dapat ditampung pada satu blok. Berdasarkan ukuran dan rentangan record, blocking terbagi menjadi tiga metode yaitu:
v Fixed blocking (pembulatan hasilnya kebawah)
Rumus :
B fr = B/R
Keterangan :
B = Ukuran blok
R = Ukuran record
Contoh Soal:
Ukuran blok = 2048 byte
Ukuran record = 250 byte
Jawab:
Bfr = B/R
 = 2048/250
 = 8,19

v Variable Length Spanned Blocking
Rumus:
Bfr = (B-P) / (R+P)
Keterangan :
B = Ukuran blok
R = Ukuran record
P = Ukuran pointer blok
Contoh Soal:
Ukuran Blok = 1024
Ukuran Record = 100
Ukuran Pointer Blok = 8
Jawaban:
Bfr = (B-P) / (R+P)
 = (1024-8) / (100+8)
 = 1016 / 108
 = 9,40
v Variable Length Unspanned Blocking
Rumus:
Bfr = (B-1/2 R) / (R+P)
Keterangan :
B = Ukuran blok
R = Ukuran record
P = Ukuran pointer blok
Contoh Soal:
Ukuran Blok = 2048
Ukuran Record = 250
Ukuran Pointer Blok = 8
Jawaban:
Bfr = (B-1/2 R) / ( R+P)
 = (2048-1/2 250) / (250+8)
 = 1923 / 258
 = 7,45
Pemborosan Ruang
            Pemborosan ruang adalah besar ruang yang tidak digunakan untuk menyimpan data. Pemborosan ruang diukur secara relative yaitu :
v Pemborosan karena gap :

Wg = G/Bfr


v Pemborosan karena blocking (per blok) :

Wr = B/Bfr

v Pemborosan untuk fixed blocking : 

W = Wg + Wr

v Pemborosan untuk variable length spanned blocking :  

W = P + ((P +(B/ Bfr)

v Pemborosan untuk variable length unspanned blocking :

W = P + ((1/2 R + G) / Bfr)

Keterangan :
P   = Ukuran pointer blok
R   = Ukuran record
G   = Ukuran gap
B    = Ukuran blok
Bfr = Blocking factor
Perhitungan Transfer Rate
            Transfer ret adalah besarnya kecepatan data dapat ditransfer. Transfer diukur dengan satuan byte/detik. Ada dua pengukuran yang bergantun transfer rate, yaitu:

v Record transfer time (Tr)
Waktu yang diperlukan untuk transfer record dengan panjang record R.
Persamaan : 
Tr = R/t
·    
v Block transfer time (btt)
Waktu yang diperlukan untuk transfer satu blok data, 
Persamaan :
                
Btt = B/t
Keterangan :
R = Ukuran record
B = Ukuran blok
T = transfer  rate
  
v Bulk Transfer Time 
       Transfer rate time adalah kecepatan transfer data sesaat. Untuk pembacaan data besar (terdiri dari beberapa blok) didefinisi sebagai bulk transfer time (t1).
Persamaan :
                T1 = (R) / ((R+W)/t)+S1
Dengan S1 adalah waktu pencarian continyu dengan nilai
                S1 = 1 / ((R+W)/t)
Sehingga  :
t1 = (t/2) + (R/(R+W))


Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "PARAMETER PENYIMPANAN SEKUNDER"

Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada MARET 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 3-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan mengenai situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.